Pages

Kamis, 03 November 2011

Penjelasan Arti MultiTouch



MultiTouch adalah Pengembangan dari Touchpad dan Touchscreen yang memungkinkan Kita agar lebih nyaman Berinteraksi dengan komputer.


perlu diketahui jika Komponen dasar yang pasti dimiliki oleh alat input berbasis sentuh adalah Touch Sensor: yang merupakan sebuah lapisan penerima input dari luar monitor dimana sangat tanggap dengan sentuhan, maka dari itu sensornya juga merupakan sensor sentuh. Biasanya sensor sentuh berupa sebuah panel terbuat dari kaca yang permukaannya sangat responsif jika disentuh. Touch sensor ini diletakkan di permukaan paling depan dari sebuah layar touchscreen, dengan demikian area yang responsif terhadap sentuhan menutupi area pandang dari layar monitor. Semua jenis sensor ini memiliki cara kerja yang sama, yaitu menangkap perubahan arus dan sinyal-sinyal listrik yang ada pada sensor tersebut, merekamnya dan mengubahnya menjadi titik-titik koordinat yang berada di atas layar, sehingga posisi tepat dari sebuah sentuhan dapat langsung diketahui dengan benar.

Sebenarnya Multitouch itu bisa dibilang memakai media input yang sama dengan touchscreen, yaitu layar Bedanya adalah dengan Multi-Touch kita bisa menggunakan beberapa jari sekaligus untuk melakukan sesuatu seperti melakukan Zoom in/ out dan juga memutar (rotate) gambar.


Layar yang sensitif terhadap sentuhan karena Sirkuit yang dibuat dapat merasakan perubahan dari setiap titik pada semua grid yang ada . Dengan kata lain , setiap titik pada grid diatur sedemikian rupa sehingga memiliki sinyal sendiri ketika disentuh dan menyambungkan sinyal tersebut ke processor oleh sebuah controller. Controller tersebut kemudian akan melakukan penerjemahan informasi dari sensor-sensor tersebut menjadi informasi yang dimengerti oleh prosessor komputer.

Selanjutnya processor akan memproses inputan tersebut dengan menggunakan software dan menginterpretasikan data tersebut dan mengolahnya menjadi perintah.

Pengembangan lanjut dari multiscreen adalah BiDi screen yang Tengah dikembangkan oleh MIT, BiDi screen ini dalam penggunaannya persis seperti multitouch pada umumnya yaitu dengan menyentuh layarnya. Namun yang membedakannya, untuk menggeser objek yang terpampang di layar kita tak perlu menyentuh layarnya. Cukup dengan menggeser jari tangan kita ke arah manapun. Jika kita menarik tangan ke belakang, objek akan bergerak menjauhi kita (namun dengan perintah lain bisa juga malah mendekati kita).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar